Indahnya Hutan Pinus Pengger Jogja

Pinus Pengger

Hutan pinus pengger adalah salah satu wisata di kawasan Dlingo Bantul saat ini menjadi tujuan favorit wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta, dulunya hanya dikenal sebagai hutan pinus biasa yang gelap, sepi dan terlihat menyeramkan, kini berubah menjadi salah satu destinasi wisata Hutan Pinus terbaik di kawasan Dlingo Bantul Yogyakarta.

Tidak hanya siang hari saja wisatawan mengunjungi hutan pinus pengger pun di waktu malam hari pun masih banyak wisatawan yang mengunjungi Hutan Pinus Pengger di jogja ini. Alasan utama wisatawan tetap datang saat malam hari adalah karena letaknya yang berada di perbukitan, dari sini kamu dapat melihat indahnya pemandangan lampu kota Yogyakarta.

Sejarah Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger ini merupakan efek positif atas keberhasilan pendahulunya yaitu Hutan Pinus Asri yang juga berada dalam satu kawasan di daerah Dlingo Bantul Yogyakarta, kreativitas masyarakat sekitar yang mengembangkan hutan pinus pengger di jogja menjadi destinasi wisata pun berbuah manis, pengelola pun menyadari harus terdapat pembeda antara hutan pinus satu dengan lainnya agar menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Pembeda tersebut adalah dipasangnya berbagai instalasi seni beragam bentuk yang dibuat menggunakan ranting pohon yang sudah kering, yang paling iconic adalah instalasi seni berupa tangan raksasa berlatarkan pemandangan indah Kota Yogyakarta yang sekaligus menjadi spot untuk berfoto bagi para wisatawan yang berkunjung ke Hutan Pinus Pengger.

Seni Di Hutan Pinus Pengger

Tidak hanya instalasi seni berupa tangan raksasa saja yang menghiasi hutan pinus pengger melainkan terdapat beberapa instalasi seni serupa namun dengan bentuk yang berbeda-beda seperti sapu raksasa, sangkar burung dan ada pula yang berbentuk setengah lingkaran menyerupai gapura. Dalam setiap instalasi seni tersebut memiliki makna yang berbeda-beda sesuai dengan bentuk masing-masing yang diberikan oleh sang seniman yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan di Hutan Pinus Pengger.

Selain instalasi seni di Hutan Pinus Pengger ini juga terdapat gardu pandang untuk para wisatawan dapat menikmati indahnya pemandangan perbukitan hingga panorama Kota Yogyakarta, kamu juga dapat menyewa sebuah hammock atau tempat tidur gantung yang diikatkan pada pohon pinus.

Lokasi Hutan Pinus Pengger

Untuk lokasi Hutan Pinus Pengger ini berada lumayan jauh dari pusat Kota Jogja, tepatnya berada di sebelah tenggara Kota Jogja. Karena letaknya yang berada diperbukitan jalan yang harus ditempuh cukup menantang yaitu berliku dan menanjak,

Kondisi jalan sudah cukup bagus meskipun terdapat jalan yang tidak rata atau berlubang di beberapa jalan menuju lokasi Hutan Pinus Pengger ini. Alamat Hutan Pinus Pengger sendiri berada di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Hutan Pinus Pengger

Rute menuju hutan pinus pengger jika dari arah Kota Yogyakarta harus menempuh perjalanan menuju Jalan Jogja-Wonosari hingga naik menanjak menuju arah Patuk, Gunungkidul.

Sesampainya di perempatan Koramil Patuk belok ke kanan menuju jalan Patuk-Dlingo, setelah masuk di jalan Patuk- Dlingo dijamin kamu tidak akan merasa bosan karena terdapat pemandangan yang indah disepanjang rute menuju Hutan Pinus Pengger.

Jarak dari Kota Jogja ke Hutan Pinus Pengger ini kurang lebih adalah 22 KM dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Hutan Pinus Pengger sekitar 44 menit.

Harga Tiket dan Parkir Hutan Pinus Pengger

Harga tiket masuk hutan pinus pengger sangatlah terjangkau.Untuk dapat masuk ke area Hutan Pinus Pengger saat ini Homiers dikenakan biaya sebesar Rp2.500 perorang. Sedangkan untuk harga parkir di Hutan Pinus Pengger untuk sepeda motor yaitu Rp 2.000 dan Mobil Rp 5.000.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *